Rabu, 22 Juni 2016

Test Ride Kawasaki KLX s 2016

   Sempat ditunggu-tunggu kemunculannya oleh para pecinta off-roader di tanah air sekitar setahun yang lalu,motor trail kawasaki KLX generasi kedua,langsung menjadi pusat perhatian para pecinta off-road di indonesia yang dirilis pada pertengahan tahun 2015 lalu.pasalnya motor kawasaki KLX yang didatangkan langsung dari jepang alias CBU tersebut,masih merajai di kelasnya tanpa pesaing di segmen motor trail/adventure sejak beberapa tahun terakhir.hanya pabrikan viar yang masih eksis dengan viar Cross-X-series-nya di segmen trail tanah air dengan market yang sama dengan KLX.versi motor yang saya ulas disini adalah varian standar.dan versi 2016 masih sama dengan tahun sebelumnya,hanya sedikit perubahan dan penambahan versi special edition pada tiga varian motor keluarga KLX termasuk D-tracker.

 

 Setelah mencoba mengendarai langsung motor ini,hampir tidak ada perbedaan dengan pendahulunya.riding masih sama persis,bahkan banyak pendapat mengenai KLX generasi terbaru ini cuma ganti baju.menurut saya juga memang demikian adanya,dari mesin sampai sasis dan kaki-kaki masih menggunakan milik KLX model lama,penambahan indikator bahan bakar pada motor ini adalah yang terbaru.menjadikan fiturnya semakin lengkap.shockbreaker depan masih menggunakan teleskopik fork 33mm,berbeda dengan KLX 150 BF/SE alias big foot yang menggunakan shock depan USD.dan monoshock belakang unitrack swingarm.tapi bagian desain spatbor lebih futuristik dan headlamp lebih kecil dan elegan dari pendahulunya.menambah kesan gahar sebagai motor khas adventure.lampu dan spatbor belakang juga berubah.kali ini lampu sign lebih menyatu dengan body motor.bentuk knalpot mungkin adalah yang paling "mengganggu "dari perubahan pada motor KLX ini.mungkin untuk menekan gas emisi buang yang wajib standard EURO 2 yang menjadikan silincer knalpot lebih besar,tapi membuat motor ini menjadi lebih ramah lingkungan.

   Meskipun harga Kawasaki KLX 150 terbaru tergolong mahal,harga kisaran 27 juta untuk versi standar.Tapi Anda tidak akan dikecewakan oleh performa dari pabrikan otomotif asal negeri sakura ini. Pasalnya, KLX 150 juga dibekali dengan mesin yang mumpuni dan cukup tangguh. Tipe mesin 4-langkah SOHC satu silinder dan 144 cc. Mesinnya juga sudah dilengkapi dengan sistem pengapian DC-CDI dan pendingin udara.dengan kekuatan maksimal mencapai 8,6 kW/8.000 rpm. Sedangkan torsi maksimum yang bisa dicapai adalah 12 Nm/6.500 rpm. Dengan transmisi 5-speed,melengkapi performa KLX 150 BF.Dapur pacu masih sama dengan pendahulunya.hanya sedikit perubahan pada engine motor.
   kapasitas tangki bahan bakar mampu menampung 6,9 Liter.kawasaki KLX juga terkenal irit bahan bakar.ketika mulai mengendarai motor terbaru KLX yang masih standard ini,feel-nya masih sama dengan pendahulunya.trail keluaran kawasaki ini riding-nya tak banyak berubah.masih cita rasa KLX.banyak sekali kelebihan dari motor ini,bobot yang ringan 116 kg,menjadikan handling motor yang ringan dan nyaman,serta dapat menerjang medan yang sulit sekalipun.tapi kawasaki KLX juga bukan tanpa kekurangan,pada torsi rendah,getaran pada stang kemudi sangat terasa.entah mengapa pihak produsen tidak membenahi atau langsung memperbaikinya.juga bagian jok motor yang keras dan tidak nyaman di bagian belakang,terutama saat berkendara jauh.mesin berkapasitas 150cc juga dirasa sangat standard dan kurang mumpuni untuk medan off-road maupun trabas.banyak yang berpendapat demikian.minimal kita harus upgrade sedikit pada bagian tertentu pada motor.tergantung kebutuhan,untuk medan off-road atau di jalan raya ala supermoto.walaupun dibekali mesin 150cc.jangan berharap lebih pada topspeed kawasaki KLX.karena motor ini diciptakan bukan untuk kebut2an di jalan raya.untuk kecepatan antara 90-100km/h saja sudah tergolong cepat.walaupun mesin berkubikasi 150cc.


    

Tapi dibalik semua itu kawasaki KLX tetaplah motor yang tangguh nan kokoh.tanpa ada kompetitor yang sepadan KLX menjadi primadona para pecinta off-road tanah air.saya pribadi sangat puas ketika mengendarainya,walaupun menggunakan KLX versi standar pabrikan,tapi yang satu ini patut dicoba.sebuah motor offroad yang direkomendasikan untuk segala medan.dengan harga yang sepadan untuk motor dengan fitur adventure.rasakan sensasinya saat berkendara.terutama di medan off-road nan terjal dan berlumpur.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar